KI & KD PRAKARYA KERAJINAN BAHAN KERAS KELAS IX
Pembelajaran daring untuk tanggal 16 Juli 2021
A. Kompotensi Inti
KI.1 | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya; |
KI.2 | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya; |
KI.3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata; |
KI.4 | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | ||
3.1. | Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan bahan kayu (misalnya ranting, papan, dan balok), bambu dan rotan | 3.1.1 3.1.2 3.1.3 3.1.4 3.1.5 3.1.6 3.1.7 3.1.8 3.1.9 | Peserta didik membaca buku siswa, peserta didik memahami pengertian bahan keras alam dan dari mana bahan keras alam berasal, jenis dan karakteristik bahan keras alam. Guru melakukan diskusi bersama peserta didik untuk membahas mengenai prinsip bahan keras alam. Peserta didik melakukan observasi bahan keras alam, baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui buku, film, dan sebagainya). Peserta didik, memperhatikan demonstrasi pengolahan bahan keras alam, mempraktekkan uji coba pengolahan bahan keras alam dengan baik. Peserta didik mengamati jenis dan karakteristik dari bahan keras alam, peserta didik mempelajari jenis bahan keras alam dan ciri-ciri yang terkandung dalam bahan keras alam yang akan dibuat dalam produk kerajinan. Peserta didik mengamati beberapa produk kerajinan dari bahan keras alam, dan mengumpulkan informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya. Peserta didik melakukan tugas 4 tentang identifi kasi karakteristik bahan keras alam. Peserta didik mengalami dalam proses pembuatan kerajinan yang dipilihnya, peserta didik membuat rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan keras alam. Peserta didik membuat rancangan kerajinan dari bahan keras alam dan membuat kerajinan bahan keras alam sesuai rancangan dengan bimbingan guru. |
4.1. | Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan bahan kayu (misalnya ranting, papan, balok), bambu atau rotan yang sesuai dengan potensi daerah setempat | 4.1.1 4.1.2 4.1.3 4.1.4 4.1.5 4.1.6 4.1.7 4.1.8 4.1.9 | Peserta didik mengerjakan tugas 5 tentang observasi produk kerajinan bahan keras alam di lingkungan tempat tinggal peserta didik. Peserta didik membuat produk kerajinan bahan keras alam dengan mengikuti persyaratan perancangan produk kerajinan. Peserta didik membuat produk bahan keras alam dengan baik dan sesuai prosedur. Peserta didik membuat karya hingga tuntas dengan jujur dan tanggung jawab. Guru membimbing pembuatan kerajinan guru dapat membimbing pembuatan kerajinan bahan keras alam dengan membantu dari segi langkah-langkah teknik pembuatan kerajinan bahan keras alam. Terutama jika peserta didik menemui kesulitan. Peserta didik melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan keras alam yang dibuatnya. Peserta didik mengamati produk kemasan yang cocok untuk produk kerajinan yang dibuatnya. Peserta didik membuat rancangan kemasan yang sesuai dengan produk kerajinan bahan keras alam dan membuat kemasan. Secara berkelompok peserta didik mengkomunikasikan hasil produk kerajinan bahan keras alam yang dibuatnya dan berani menerima kritikan dan melakukan perbaikan. |
TUGAS :
TULISLAH KI & KD TERSEBUT DIBUKU TULIS !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar